Pacar Bawel Sebabkan Kekerasan dalam Pacaran di Jogja Meningkat

Oleh Kresna,

Kekerasan dalam pacaran terjadi pada korban yang berusia 18 tahun ke atas

BERITA JOGJA – Angka kekerasan dalam pacaran di Jogja meningkat. Berdasarkan data Women Crisis Center Rifka Anisa, pada tahun 2014 ada 21 kasus yang dilaporkan, namun pada tahun 2015 meningkat menjadi 32 kasus.

kekerasan dalam pacaran

Kekerasan dalam pacaran. (Dok Istimewa)

Manager Pendampingan Rifka Anisa, Lisa Oktavia menjelaskan peningkatan angka kekerasan tersebut sebenarnya secara umum meningkat. Dari catatan Rifka Anisa pada tahun ini Kekerasan Terhadap Istri ada 223 kasus, Kekerasan Dalam Pacaran 34 kasus, Perkosaan 36 kasus, Pelecehan Seksual 15 kasus dan Kekerasan dalam Keluarga 5 kasus.

“Kalau kekerasan dalam pacaran ini lebih banyak usia di atas 18 tahun ke atas,” ujar Lisa pada beritajogja.id, Rabu (23/12).

Kekerasan dalam pacaran ini menurutnya meliputi kekerasan seksual, kekerasan ekonomi dan larangan melakukan sesuatu.

“Misalnya ekonomi itu diporoti, minta dibelikan pulsa dan lain-lain bahkan sampai mengatur keuangan, uang jadi milik bersama, padahal belum berkeluarga. Lalu nggak boleh begini, begitu, beli ini beli itu, dan juga kekerasan seksual,” terangnya.

Pihaknya pun membuka konseling bagi korban kekerasan dalam pacaran. Rifka Anisa memiliki psikolog yang bisa mendampingi korban. “Kalau mau konseling bisa, ada konselor laki-laki dan perempuan tinggal pilih,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar