Paku Alam IX Ternyata Anak Motor

Paku Alam IX senang naik motor, keliling kota dan kampung bertemu warga Jogja.

BERITA JOGJA – Berpulangnya Sri Paduka Paku Alam IX membuat banyak orang berduka lalu kembali mengenang sosok wakil gubernur tersebut. Kenangan itu pun membuat banyak orang merasa kehilangan. Sejumlah tokoh masyarakat yang dikenal dekat dengan almarhum misalnya, membeberkan kenangannya masing-masing pada sosok yang wafat di usia 77 tahun tersebut.

Paku Alam IX

Ratusan pelayat menghadiri rumah duka memberi penghormatan terkahir bagi almarhum. (Foto: Kresna)

Salah satunya, calon wakil bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu. Dalam ingatannya, Paku Alam IX dikenang sebagai sosok yang disiplin dan bersahaja. Kedisiplinannya bahkan terlihat saat dirinya punja janji. “Sering kami bincang-bincang ngobrol santai. Janji jam tujuh, ya beneran datang jam tujuh teng ke acara. Jarang sekali beliau terlambat,” kenang Yuni saat melayat di Pura Pakualaman, Minggu (22/11).

Yuni juga membeberkan bahwa Paku Alam IX senang dengan sepeda motor. Sebelum jatuh sakit, Paku Alam IX bahkan sering keliling kampung¬† naik motor lalu bertemu warga. “Beliau juga senang naik motor, jadi dulu beliau sering jalan-jalan mengunjungi warga langsung, biasanya pulang dibawakan hasil bumi,” kenangnya.

Ada juga Boediono, Wakil Presiden Indonesia ke-11. Ditemui saat melayat di rumah duka, pria asli Jogja ini mengenang sosok Paku Alam sebagai sosok aristokrat yang jarang-jarang ada di Indonesia. “Beliau ini adalah seorang aristokrat yang santun. Beliau salah seorang tokoh panutan. Kami tentu merasa kehilangan, kita doakan semoga diterima di Tuhan,” kata Boediono singkat pada wartawan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar