Panduan Belajar Menjadi Web Designer

Oleh Zaenu R,

Ada beberapa panduan belajar desain web yang perlu dipelajari dengan mudah seperti berikut ini

BERITA JOGJA – Web designer adalah seseorang yang bergelut dalam bidang desain web. Di mana desain web ini merupakan bidang desain untuk mengumpulkan beragam keahlian di sebuah tempat. Namun untuk mempelajari desain web itu sendiri tentu tidaklah mudah, apalagi untuk seorang pemula. Ada beberapa panduan belajar desain web yang perlu dipelajari dengan mudah seperti berikut ini!

Nikok Team Web Design Stucel

Nikon Team Web Design Stucel

Mempelajari Sebuah Desain Minimalis

Desain minimalis merupakan gaya desain yang pertama untuk dikuasai seorang desainer web pemula. Dalam bidang desain minimalis sendiri, di tuntut menghasilkan desain efektif dengan tanpa disibukkan oleh detail yang tak begitu panjang. Jika menguasai sebuah desain minimalis, tentunya seorang desainer web pemula sendiri sudah melakukan tujuan utamanya.

Rencana Struktur Website

Umumnya ada masalah yang kerap terjadi pada web designer yang terlalu disibukkan oleh hal-hal kecil, misalnya font, warna dan tekstur. Justru hal paling penting untuk dipikirkan terlebih dulu yaitu merencanakan sebuah struktur situs atau website yang matang. Di mana sebuah blog mempunyai struktur yang berbeda dari portfolio sebab isinya bisa diperbarui lebih cepat.

Selain itu, blog personal tentunya memiliki gaya yang jauh berbeda dengan gaya blog perusahaan. Maka dari itu, langkah pertama dalam mendesain web tak dijalankan melalui photoshop. Melainkan melalui coretan-coretan dari pensil pada selembar kertas. Adapun detail berukuran kecil misalnya warna situs atau tekstur dapat diputuskan sesudah struktur penting telah berhasil didapatkan.

Lebih Mengutamakan Fungsi

Perlu Anda ketahui, desainer web bukanlah seniman. Di mana seorang desainer web itu sendiri merupakan desainer dengan tugas untuk menyampaikan pesan lewat sebuah situs atau website. Untuk itu, harus lebih fokus pada sebuah fungsi situs dan bukan terhadap pernak-pernik atau hiasan situs itu sendiri. Memang benar, jika keberadaan animasi begitu menarik juga gambar latar berukuran besar terlihat bagus. Namun sebelum memakainya sebaiknya Anda menanyakan terlebih dulu, apakah owner atau visitor situs memerlukannya?

Mengikuti Struktur Web Desain Standar

Mungkin Anda sudah memperhatikan di mana umumnya blog mempunyai struktur dengan 2 kolom, yakni logo di bagian kiri atas dan sidebar di bagian kanan. Adapun layout tersebut digunakan oleh banyak orang disebabkan fakta sederhana, yakni keberhasilan. Berdasarkan faktanya sendiri, pengunjung memang telah terbiasa dengan posisi isi pada blog di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. Selain itu, pengunjung secara alami juga mengetahui di mana sisi kiri bagian atas berupa konten identitas situs, bila di klik akan tertuju pada halaman depan. Bila Anda melakukan desain blog, dengan begitu kemungkinan besar jika layout tersebut harus digunakan.

Menguasai Software Desain yang Dipakai

Bagi seorang web designer pemula tidak diharuskan menguasai segala aspek teknis untuk mendesain sebuah web. Kemungkinan desainer web itu sendiri hanya pintar memakai Photoshop dengan tanpa mengetahui sedikit pun mengenai CSS maupun sebaliknya. Adapun kekurangan tersebut dapat ditangani lewat pencarian partner yang lainnya yang mempunyai skill berbeda. Jadi, Anda bisa menguasai salah satu jenis software yang digunakan saja dan tidak harus menguasai semua jenis software.

Mengetahui Tren Desain Tiap Waktu

Seorang desainer web itu sendiri sangat penting untuk mengetahui dan selalu memperhatikan trend desain yang ada tiap waktu. Contohnya, trend desain kini yaitu dengan maraknya pemakaian tekstur lembut. Di mana Anda dapat memperoleh informasi dari trend desain saat ini lewat desain dari situs-situs ternama, desain populer dalam marketplace ataupun situs portfolio.

Seorang web designer juga perlu mempelajari mengenai dasar-dasar dari Tipografi yang merupakan area paling penting untuk menjembatani pesan owner kepada visitornya.

Sumber : Stucel – Website Design Jakarta

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar