Siswanto Pelatih PSS Sleman - Berita Jogja

Pelatih PSS Tiru Metode Antoni Polosin

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Pelatih PSS Sleman, Siswanto, tengah mematangkan tim dengan sejumlah program latihan. Selama mematangkan pemain, ia mencoba menerapkan metode latihan pelatih legendaris Timnas Indonesia asal Rusia, Antoni Polosin. Metode kepelatihan Polosin yang membawa Timnas Indonesia meraih emas Sea Games 1991 disebut “Shadow Football” yang mengedepankan fisik. Hal ini sebenarnya sudah terlihat sejak sesi […]

BERITA JOGJA – Pelatih PSS Sleman, Siswanto, tengah mematangkan tim dengan sejumlah program latihan. Selama mematangkan pemain, ia mencoba menerapkan metode latihan pelatih legendaris Timnas Indonesia asal Rusia, Antoni Polosin. Metode kepelatihan Polosin yang membawa Timnas Indonesia meraih emas Sea Games 1991 disebut “Shadow Football” yang mengedepankan fisik.

Siswanto Pelatih PSS Sleman - Berita Jogja

Siswanto “Kancil”, pelatih PSS Sleman. (Foto: Aristides Wasesa)

Hal ini sebenarnya sudah terlihat sejak sesi latihan perdana, Senin (2/2) lalu. Eks Pelatih PPSM Magelang tersebut menggembleng fisik pemain dengan program lari sprint 700 meter dan lari keliling lapangan selama 15 menit. Di hari kedua latihan perdana, Selasa (3/2) Siswanto juga memprogramkan hal serupa. Para pemain terlebih dulu jogging mengelilingi Stadion Maguwoharjo lalu latihan fisik di dalam lapangan.

“Ya nggak Polosin saklek lah. Tapi metode saya ambil dari sana. Latihan pagi sprint tanpa bola terus main umpan-umpan pendek. Sorenya kita lari biasa, jogging sama latihan tanpa bola,” terangnya, pada Selasa (3/2) sore.

Target Siswanto menggunakan metode Polosin tersebut dalam beberapa hari ke depan untuk melihat stamina dan fisik pemain. Ini juga dijadikan pertimbangan untuk mencari pemain inti dari 19 pemain yang selangkah lagi berkostum Laskar Sembada. “Masa nanti pemain inti 30 menit main sudah habis nafasnya. Saya nggak mau, makanya saya gembleng fisiknya. Polosin sukses membuat tim dari lihat fisik dulu,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar