Pemalsu Galon Air Mineral Dipenjara 8 Bulan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Dwi Purwanto, terdakwa pemalsu air mineral galon merk Aqua dijatuhi hukuman 8 bulan penjara oleh Hakim I Gede Saptawan, Kamis (18/6) sore di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Meyer Simanjuntak dengan 1 tahun pidana. Hakim mengatakan bahwa terdakwa terbukti sah dan meyakinkan melanggar […]

BERITA JOGJA – Dwi Purwanto, terdakwa pemalsu air mineral galon merk Aqua dijatuhi hukuman 8 bulan penjara oleh Hakim I Gede Saptawan, Kamis (18/6) sore di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Meyer Simanjuntak dengan 1 tahun pidana. Hakim mengatakan bahwa terdakwa terbukti sah dan meyakinkan melanggar Pasal 62 ayat 1 Undang-Undang (UU) No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Kuasa Hukum Dosen UGM Banding

“Hal yang memberatkan bahwa terdakwa sudah lama melakukan perbuatannya dan merugikan merk Aqua di masyarakat,” kata Hakim ketika membacakan pertimbangan vonis di depan terdakwa.

Dwi sendiri tertangkap pada Januari 2015 lalu. Saat jajaran reskrim Polsek Mlati menggrebek rumahnya di Sinduadi, ditemukan sejumlah barang bukti berupa pompa air, selang, ratusan tutup galon, tisu pembersih, dan dan galon yang berisi air sumur. Dalam BAP diketahui bahwa terdakwa sudah banyak menjual produk galon air mineral palsunya ke sejumlah toko di Jogjakarta.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar