Pemkab Sleman Siap Benahi Sampah Visual

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mulai membenahi semrawutnya papan reklame di wilayahnya. Pembenahan ini diinstruksikan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo sebagai respon imbauan Sultan Hamengkubuwono X beberapa waktu lalu. Bupati Sleman mengatakan imbauan penataan sudah dikomunikasikannya dengan instansi terkait. Ia juga mengaku telah berkomunikasi juga dengan pemilik jasa reklame. “Sudah dikomunikasikan pada […]

BERITA JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mulai membenahi semrawutnya papan reklame di wilayahnya. Pembenahan ini diinstruksikan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo sebagai respon imbauan Sultan Hamengkubuwono X beberapa waktu lalu.

Pemkab Sleman Benahi Sampah Visual

Spanduk dan banner di ruang publik merupakan contoh sampah visual. (Foto: Sumbo Tinarbuko)

Bupati Sleman mengatakan imbauan penataan sudah dikomunikasikannya dengan instansi terkait. Ia juga mengaku telah berkomunikasi juga dengan pemilik jasa reklame.

“Sudah dikomunikasikan pada SKPD dan penyedia jasa reklame. Diharapkan dengan komunikasi ini penyedia jasa iklan akan menertibkan reklame mereka sendiri,” kata Bupati.

Imbauan penertiban ini sendiri juga direspon oleh Satpol PP sleman. Kasi Operasional Bidang Tantib, Sri Madu Rakyanto juga siap melaksanakan imbauan ini. Bahkan sejak sepekan lalu pihak Satpol PP sudah bergerak menertibkan reklame.

“Sebenarnya sudah mulai jalan sejak sepekan lalu. Kami mula-mula memetakan wilayah dulu baru setelah itu bergerak agar optimal,” jelasnya.

Dalam melaksanakan penertiban, pihak Satpol PP akan berpegang pada Perda Nomor 14 Tahun 2003 tentang izin reklame. Dalam Perda tersebut sudah diatur tempat atau ruang mana saja yang tidak boleh dipasangi reklame. “Pohon, jembatan, tiang listrik dan fasilitas lainnya,” tutup Madu.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar