Pengganti Sultan HB IX

Penampakkan Sultan HB II di Kraton Jogja

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Di bab terakhir buku “Sepanjang Hayat Bersama Rakyat” dituliskan pengalaman dan kesan pada Sri Sultan HB IX oleh sejumlah tokoh. Salah satunya adalah Widjajalaksmi Kusumaningsih, anak dari tokoh Orde Baru, Widjojo Nitisastro. Dari cerita ibunya pada Wida, sapaan akrabnya, yang dituliskan Julius Pour, ibunya melihat sosok Sri Sultan HB II di dalam […]

BERITA JOGJA – Di bab terakhir buku “Sepanjang Hayat Bersama Rakyat” dituliskan pengalaman dan kesan pada Sri Sultan HB IX oleh sejumlah tokoh. Salah satunya adalah Widjajalaksmi Kusumaningsih, anak dari tokoh Orde Baru, Widjojo Nitisastro. Dari cerita ibunya pada Wida, sapaan akrabnya, yang dituliskan Julius Pour, ibunya melihat sosok Sri Sultan HB II di dalam Kraton.

Pengganti Sultan HB IX

Istimewa

Peristiwa ini terjadi pada Sultan HB IX menjamu keluarga Widjojo di Kraton Jogja usai mengantarkan John Rockefeller jalan-jalan ke tempat wisata. Saat para tamu diajak berkeliling Kraton, sultan sendiri tidak ikut karena harus berganti pakaian. Lalu, ibu Wida karena keasyikan melihat banguna terisah dari rombongan dan lalu masuk ke bagian tengah bangunan Kraton.

Di tengah bangunan tersebut ada sebuah tirai yang lalu disingkapnya. Ibu Wida sangat kaget. “Saya melihat sebuah ruangan luas. Kemudian sosok seorang duduk di atas takhta, terletak di tengah ruangan. Sementara di sekelilingnya puluhan orang duduk bersila di lantai, datang menghadap. Suasananya sangat hening, menebarkan bau harum sekali…,” cerita Ibu Wida.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar