Pendakian di Merapi Ditutup Sementara

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Pendakian di Merapi ditutup sementara. Kebijakan ini dikeluarkan pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Pasalnya pihak TNGM masih mencari formula agar para pendaki tidak sampai ke puncak gunung termuda sekaligus teraktif di perbatasan Jawa Tengah dan Jogjakarta yang bisa membahayakan pendaki. “Aktivitas pendakian masih ditutup untuk saat ini. Kami masih mencari formula […]

BERITA JOGJA – Pendakian di Merapi ditutup sementara. Kebijakan ini dikeluarkan pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Pasalnya pihak TNGM masih mencari formula agar para pendaki tidak sampai ke puncak gunung termuda sekaligus teraktif di perbatasan Jawa Tengah dan Jogjakarta yang bisa membahayakan pendaki.

Tips naik gunung

Dokumen istimewa

“Aktivitas pendakian masih ditutup untuk saat ini. Kami masih mencari formula terbaik agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak inginkan,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGM, Tri Atmojo saat dihubungi wartawan, Selasa (26/5).

Dia menjelaskan rencananya pihak TNGM akan membatasi pendaki hanya sampai pasar Bubrah dan tidak menuju puncak. Selain itu dia juga membeberkan adanya ide pembuatan surat izin semacam SIM bagi para pendaki.

“Kita akan siapkan regulasi untuk para pendaki, seperti SIM lah, tapi saat ini masih kita akan bahas dengan matang,” ungkapnya.

Rencananya penutupan aktivitas pendakian Gunung Merapi sampai 31 Mei, namun kemungkinan besar akan diperpanjang. “Kemungkinan akan diperpanjang sampai ada regulasi dan formula yang tepat,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar