Pendidikan Seks untuk Anak Berpeluang Masuk Kurikulum

Pendidikan seksual ini penting untuk mencegah anak dari maraknya tindakan kekerasan seksual.

BERITA JOGJA – Pendidikan seksual bagi anak berpeluang dimasukkan ke kurikulum pendidikan atau bisa juga dimasukkan dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini dikemukakan Suprapto, Kepala Pusat Studi Wanita UGM, Rabu (23/3) siang tadi. Selama ini pihaknya pun sudah beberapa kali mengusulkannya pada pemerintah.

Ilustrasi pendidikan seks (Dok Istimewa)

Ilustrasi pendidikan seks (Dok Istimewa)

“Pendidikannya disesuaikan dengan umur dan tingkatan kelasnya. Saya sudah membuat modul yang sebenarnya bisa dipakai oleh orang tua, guru dan juga masyarakat,”katanya.

Pendidikan seksual ini penting untuk mencegah anak dari maraknya tindakan kekerasan seksual. Selain itu, juga memberitahu anak tentang konten terlarang yang mampu memicu terjadinya kekerasan seksual tersebut,

Menurutnya ada beberapa faktor yang memicu perilaku pencabulan seksual dalam berbagai tingkat. Mulai dari sekedar meraba hingga kekerasan dan hubungan seksual. “Kalau dari faktor internal berasal dari hormonal atau biologis. Dimana seseorang walaupun masih kecil dan di bawah umur, telah mempunyai hasrat seksual tinggi,” katany.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar