Penghujung Tahun, Sultan Keluarkan Dawuh Raja

Oleh Kresna,

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Dawuh Raja untuk para Abdi Dalem Keraton Jogjakarta, Kamis (31/12). Dawuh tersebut diberikan secara mendadak dan tidak semua kerabat dan Rayi Dalem dipanggil untuk hadir.

GKR Maduretno menghadiri pembacaan Dawuh Raja di Bangsal Mangunturtangkil pada Kamis (31/12). Foto oleh Kresna

GKR Maduretno menghadiri pembacaan Dawuh Raja di Bangsal Mangunturtangkil pada Kamis (31/12). Foto oleh Kresna

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Dawuh Raja untuk para Abdi Dalem Keraton Jogjakarta, Kamis (31/12). Dawuh tersebut diberikan secara mendadak dan tidak semua kerabat dan Rayi Dalem dipanggil untuk hadir.

Dawuh Raja tersebut dilakukan pukul 10.00 WIB di bangsal Mangunturtangkil Keraton Jogjakarta. Pelaksanaan Dawuh Raja tersebut hanya langsung tak lebih dari sepuluh menit saja.

Dalam pembacaan Dawuh tersebut tampak hadir GKR Hemas, GKR Pembayun, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, KPH Purboningrat, KRT Jayaningrat dan beberapa kerabat lainnya. Sultan hadir dengan mengenakan pakaian beskap corak kembang-kembang berwana kuning keemasan. KRT Hastananingrat, Penghangeng Suroloyo Imogiri dan Kotagede menjelaskan jika isi dari Dawuh Raja tersebut ditujukan untuk Abdi Dalem.

“Untuk Abdi Dalem, poinnya meminta Abdi Dalem loyal terhadap Keraton dan Sultan,” katanya singkat usai Dawuh Raja. Sementara itu KPH Purboningrat mengatakan dalam waktu dekat akan ada penjelasan terkait Dawuh Raja tersebut.
“Nanti ada penjelasan, ditunggu ya,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar