Pensiun, Mbah Rono Mengenang Gempa Jogja dan Letusan Merapi

BERITA JOGJA – Sejak 31 Juli 2015, Surono resmi pensiun dari jabatannya sebagai Kepala Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dijabatnya satu tahun terakhir. Atau sejak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur pada awal 2014. Selanjutnya, Mbah Rono, sapaan akrabnya, diminta oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said […]

BERITA JOGJA – Sejak 31 Juli 2015, Surono resmi pensiun dari jabatannya sebagai Kepala Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dijabatnya satu tahun terakhir. Atau sejak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur pada awal 2014. Selanjutnya, Mbah Rono, sapaan akrabnya, diminta oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebagai staff ahli kementerian.

Mbah Rono

Mbah Rono (merah) terkenang semangat warga Jogja saat menghadapi bencana.(Foto: Setio)

Selama menjadi sosok besar kegunungapian di Indonesia, Mbah Rono, sapaan akrabnya amat terkesan dengan warga Jogja. Saat bencana gempa 2006 dan Merapi 2010 misalnya. “Saya 2006 dan 2010 di Jogja. Saya belajar banyak di Merapi. LSM, relawan dan aktivisnya cerdas-cerdas,” katanya.

Mereka yang bergerak dalam penanganan bencana di Jogja cepat bangkit dari keterpurukan. Saat kebanyakan korban bencana meminta sumbangan makanan dan logistik pakaian, itu tidak terlalu dominan dijumpai di Jogja. Mereka justru meminta sekop dan gerobak untuk membersihkan sisa-sia erupsi.

“Ketika ditanya sumbangan apalagi, saya minta sekop dan gerobak, mereka kaget. Mereka, warga Jogja pada ngeruk itu semua ditaruh pingir jalan, itu saya belajar banyak,” terangnya.

Dia juga kagum dengan semangat dan sikap warga Jogja pada bencana. Pada tahun 2006 saat itu ada tulisan “Kami Bukan Tontonan, Bawa Kembali Bantuan Anda” di lokasi pengungsian. Hal itu menurutnya menunjukkan kemandirian dan keterikatan warga setempat dengan gunung. “Doktor saya itu pada 2006 dan 2010 adalah Merapi dan warga Jogja. Masyarakat mengajari saya hidup harmoni dengan gunung, masyarak

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar