Penundaan Eksekusi Mary Jane Langkah yang Tepat

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Guru Besar Hukum Pidana, Fakultas Hukum, UGM, Marcus Priyo Gunanto menilai langkah penundaan eksekusi mati Mary Jane adalah langkah yang tepat. Sebab, dengan penundaan tersebut keadilan bisa ditegakkan sesuai dengan keputusan MA yang menyebutkan bahwa untuk mendapatkan keadilan tidak bisa dibatasi. “Ada pertentangan kepastian hukum dengan keadilan. Ketika itu diperhadapkan, maka keadilan […]

BERITA JOGJA – Guru Besar Hukum Pidana, Fakultas Hukum, UGM, Marcus Priyo Gunanto menilai langkah penundaan eksekusi mati Mary Jane adalah langkah yang tepat. Sebab, dengan penundaan tersebut keadilan bisa ditegakkan sesuai dengan keputusan MA yang menyebutkan bahwa untuk mendapatkan keadilan tidak bisa dibatasi.

Detrik-detik terakhir Mary Jane

Istimewa

“Ada pertentangan kepastian hukum dengan keadilan. Ketika itu diperhadapkan, maka keadilan harus didahulukan,” katanya, Rabu (29/4).

Sementara itu dengan munculnya fakta baru terkait kasus Mary Jane, dia menilai perlu dibuktikan dahulu diperadilan Filipina apakah benar Mary Jane adalah korban sindikat narkotika internasional.

“Orang yang ditangkap di Filipina harus dihukum dulu, setelah itu hasil persidangan di sana bisa dibawa ke Indonesia sebagai fakta baru,” terangnya.

Secara teknis, kuasa hukum Mary Jane bisa mengajukan PK kembali ke PN Sleman. “Iya tentu bisa, PK ketiga, kenapa tidak demi keadilan,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar