Penyebab Jogjakarta Darurat Sampah

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Persoalan sampah di Jogjakarta tak bisa lagi ditolerir. Makin hari, sampah di Jogjakarta makin menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Menurut Walhi Jogjakarta, adadua sebab menggunungnya sampah di Jogjakarta. Sebab pertama adalah regulasi tentang pengelolaan sampah. Sampah yang makin menggunung di sejumlah TPA legal maupun non legal sebagian besar adalah sisa produk […]

BERITA JOGJA – Persoalan sampah di Jogjakarta tak bisa lagi ditolerir. Makin hari, sampah di Jogjakarta makin menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Menurut Walhi Jogjakarta, adadua sebab menggunungnya sampah di Jogjakarta.

Penyebab menggunungnya sampah di Jogja

Istimewa

Sebab pertama adalah regulasi tentang pengelolaan sampah. Sampah yang makin menggunung di sejumlah TPA legal maupun non legal sebagian besar adalah sisa produk dari produsen barang setelah dikonsumi warga.

“Pemerintah pusat jangan hanya melimpahkan semua ke warga. Produsen juga harus diberi beban yang harusnya jauh lebih besar agar konsumennya tidak kesulitan dalam mengurai sampah,” jelas Heri Widodo, Koordinator Walhi Jogja.

Untuk penyebab pertama ini, tambah Heri, produsen harus memanfaatkan teknologi tepat guna. Bungkus makanan, misalnya, dibuat agar gampang dihancurkan. Selain itu jika regulasi ini dibuat, pemerintah harus benar-benar mengawasi dan menjalankan regulasi.

Penyebab kedua adalah daya kritik masyarakat terhadap pemerintah soal sampah. Minimnya daya kritis warga sebenarnya bisa dipahami mengingat pemerintah dari waktu-waktu mewacanakan beban sampah pada masyarakat.

“Imbauan atau sosialisasi juga harus diikuti bagaimana membentuk nalar kritis warga untuk mengingatkan regulasi ini. Permasalahan sampah ini muaranya ada di tataran elite soal regulasi dan warga sendiri. Keduanya saling berhubungan,” pungkasnya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar