Istimewa

Peran Warga Tionghoa dalam Perang Jawa

Oleh Maya Eka,

Berita Jogja – Perang Jawa yang berkecamuk selama lima tahun, telah menjadi salah satu perang yang paling bersejarah di Indonesia. Perang yang dipimpin oleh Pangeran Dipanegara ini, juga menjadi salah satu perang dengan jumlah korban paling banyak di Indonesia. Para laskar Dipanegara berhasil membuat pihak Belanda begitu geram dan kerepotan selama perang terjadi. Korban dari […]

Berita Jogja – Perang Jawa yang berkecamuk selama lima tahun, telah menjadi salah satu perang yang paling bersejarah di Indonesia. Perang yang dipimpin oleh Pangeran Dipanegara ini, juga menjadi salah satu perang dengan jumlah korban paling banyak di Indonesia.

Istimewa

Istimewa

Para laskar Dipanegara berhasil membuat pihak Belanda begitu geram dan kerepotan selama perang terjadi. Korban dari pihak Belanda pun terbilang sangat banyak. Apa sebenarnya yang membuat pasukan Dipanegara ini begitu kuat, sehingga sempat membuat Belanda begitu kerepotan?

Pemimpin laskar Dipanegara, yakni Pangeran Dipanegara telah menyusun strategi dan menghimpun pasukan selama dua belas tahun, lebih lama dari usia perang itu sendiri. Sang pangeran menyusun semuanya dengan sabar dan sangat rapi. Sehingga laskar Dipanegara mempunyai cukup banyak dukungan dari semua kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh masyarakat, bangsawan, sampai padagang dan buruh tani menyatakan dukungannya pada laskar Dipanegara.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar