Peringati Hari Batik, 2 Oktober PNS di Jogja Wajib Pakai Batik

Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk memakai dan melestarikan batik.

Batik

istimewa

BERITA JOGJA – Memeringati hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Jogjakarta diwajibkan mengenakan pakaian batik. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Propinsi Jogjakarta Nomor 003/9675 tertanggal 28 September 2015 tentang Hari Batik Nasional.

Menurut Kepala Bagian Humas Biro Umum dan Protokoler Setda Propinsi Jogjakarta, Iswanto edaran dari Gubernur tersebut juga ditujukan kepada para bupati/walikota se Jogjakarta maupun kepala instansi vertikal dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Diwajibkannya penggunaan batik ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk menggenakan pakaian batik.

“Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan dan pengembangan batik Indonesia, pemerintah telah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Indonesia. Itu harus kita dukung,” ujar Iswanto.

Selain berlandaskan pada SE Gubernur, pewajiban menggunakan pakaian batik menurut Iswanto juga merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar