Peringkat UGM di Webometrix

Peringkat UGM di Webometrix Bikin Geleng Kepala

BERITA JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta kembali menorehkan prestasi sebagai universitas di Indonesia yang menempati rangking tertinggi dari sekian banyaknya universitas di Indonesia di tingkat nasional, Asia, dan Internasional. Dari data Webometric per Januari, UGM menduduki rangking pertama di tingkat nasional, sembilan di Asia Tenggara, dan 518 dunia. Namun, peringkat UGM di webometrix […]

BERITA JOGJA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta kembali menorehkan prestasi sebagai universitas di Indonesia yang menempati rangking tertinggi dari sekian banyaknya universitas di Indonesia di tingkat nasional, Asia, dan Internasional. Dari data Webometric per Januari, UGM menduduki rangking pertama di tingkat nasional, sembilan di Asia Tenggara, dan 518 dunia.

Peringkat UGM di Webometrix

Daftar 10 besar peringkat Universitas di level nasional. (Screen Capture: Aristides)

Namun, peringkat UGM di webometrix belum stabil. Dikemukakan Direktorat Sistem dan Sumber daya Informasi (DSDI) UGM, Widyawan, peringkat UGM masih mengalami naik-turun di level internasional. Tahun lalu saja UGM ada di peringkat 414 namun saat ini turun ke 518. “Ini memang belum stabil. Sudah jelas jadi PR besar bagi kita,” ujarnya.

Adapun kriteria yang dipakai webometrix dalam menentukan ranking bukan sekadar kuantitas lulusan per tahun. Bukan pula dilihat dari keprofetikan mahasiswa. Salah satunya adalah kegunaan web Universitas untuk masyarakat. Web tak melulu berisi berita tentang kegiatan Universitas atau pencitraan para pimpinan. “Konten harus baik dan berkualitas. Lalu juga soal publikasi penelitian di web yang berguna untuk orang banyak,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar