Perjalanan Ormas Gafatar Jogja Seperti Magneto Musuh X-Men

Perjalanan Gafatar di Jogjakarta mirip sekali dengan kisah hidup Magneto, musuh dalam serial X-Men

BERITA JOGJA – Perjalanan Gafatar di Jogjakarta mirip sekali dengan kisah hidup Magneto, musuh dalam serial X-Men. Soalnya, Gafatar ketika pertama kali berdiri di Jogja tidak menyimpang, AD/ART mereka pun sesuai dengan pancasila dan UUD 1945.

Magneto (Dokumen Istimewa)

Magneto (Dokumen Istimewa)

Kepala Kesbanglinmas Jogjakarta, Agung Supriyono, membenarkan hal ini. Terdaftar sejak 2010 lalu, Gafatar mampu memenuhi semua syarat administrasi saat pengajuan surat keterangan terdaftar (SKT) di Kesbanglinmas. “Saat itu, Gafatar dalam AD/ARTnya memenuhi syarat dan tidak menyimpang dari UUD 45 dan Pancasila,” katanya.

Tapi, dalam perjalannya Gafatar berubah. Persis seperti Magneto dalam serial X-Men yang awalnya jadi rekan Prof.Xavier tapi tiba-tiba berubah di tengah jalan. Perubahan tersebut menurutnya tidak dilaporkan ke Kesbanglimas, bahkan setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas, organisasi ini juga tidak melakukan pembaaruan syarat administrasi.

“Indikasi dan penelitian kepolisian mengarah pada hal yang menyimpang, maka pemerintah akan mengadakan pemantauan dan akan ditindak,” jelasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar