Pertumbuhan Desa Wisata di Jogja Tak Secepat Hotel

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Ratusan hotel dan apartemen mulai berdirian di Jogjakarta. Pihak pengembang pun jor-joran menggelontorkan dana pembangunan karena besarnya potensi ekonomi wisata di Jogjakarta. Di lain pihak pertumbuhan Desa Wisata di Jogjakarta tak semeriah hotel dan apartemen. Hal ini juga diakui oleh Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Yuni Satia Rahayu. Ketimpangan ini terasa betul di […]

BERITA JOGJA – Ratusan hotel dan apartemen mulai berdirian di Jogjakarta. Pihak pengembang pun jor-joran menggelontorkan dana pembangunan karena besarnya potensi ekonomi wisata di Jogjakarta. Di lain pihak pertumbuhan Desa Wisata di Jogjakarta tak semeriah hotel dan apartemen.

Ruang Kota Jogja

Iustrasi ruang kota (Pusaka)

Hal ini juga diakui oleh Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Yuni Satia Rahayu. Ketimpangan ini terasa betul di wilayahnya. Pasalnya, Sleman sendiri merupakan wilayah yang mulai banyak dijadikan pilihan pengembang mendirikan hotel dan apartemen.

“Saya punya mimpi nanti perkembangan desa wisata bisa semeriah pembangunan hotel atau apartemen. Pihak pengembang bisa dirangkul untuk mengalihkan pembangunan ke desa wisata. Rumah-rumah penduduk yang rusak diperbaiki lalu bisa dijadikan tempat menginap wisatawan,” katanya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat akan mencoba memopulerkan desa wisata pada orang dari luar Sleman atau Jogjakarta. Misalnya saja dengan mengajak pelajar pertukaran daerah menginap di desa-desa wisata di Sleman.

“Biar desa wisata kita juga terkenal dan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa tidak mati,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar