Pesan Pemungut Sampah pada Anak Muda Jogja

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Memeringati Bulan Peduli Sampah, Pemerintah Provinsi Jogjakarta memberikan penghargaan pada sejumlah pemungut sampah, Sabtu (21/2) pagi di Lapangan Denggung, Sleman. Sujito (74) salah satunya yang mendapat penghargaan. Lansia tiga anak ini meraih penghargaan pemungut sampah terlama. “Saya seneng banget dapat penghargaan ini. Dapat uang pembinaan juga. Nanti saya berikan keluarga saya,” kata […]

BERITA JOGJA – Memeringati Bulan Peduli Sampah, Pemerintah Provinsi Jogjakarta memberikan penghargaan pada sejumlah pemungut sampah, Sabtu (21/2) pagi di Lapangan Denggung, Sleman. Sujito (74) salah satunya yang mendapat penghargaan. Lansia tiga anak ini meraih penghargaan pemungut sampah terlama.

Sujito punya pesan khusus pada anak muda Jogja

Sujito, pemungut sampah terlama di Jogjakarta. (Foto: Kresna)

“Saya seneng banget dapat penghargaan ini. Dapat uang pembinaan juga. Nanti saya berikan keluarga saya,” kata lansia yang sudah menekuni pekerjaan memungut sampah sejak 1993 ini.

Mewakili pemungut sampah lain, Sujito mengiginkan Pemerintah tak sekadar memerhatikan mereka ketika ada hari besar soal sampah saja. Selain memberi penghargaan untuk memperbaiki ekonomi, pemerintah harus memerhatikan satu hal penting lainnya.

“Kesehatan lah. Kami harap juga diperhatikan kesehatannya.Misalnya ada kebijakan berobat gratis kalau sakit atau gerobak diganti matic yang bisa mengangkut sampah,” jelasnya.

Usai menerima penghargaan sebagai pemungut sampah terlama, Sujito punya pesan khusus pada anak muda Jogja, khusunya pelajar dan mahasiswa. “Sudah pada besar dan berpendidikan, harusnya sudah mulai malu untuk membuang sampah sembarangan atau enggak peduli,” pesannya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar