Pesan Sakral Sultan HB X Pada Para Bupati Baru

Oleh Kresna,

Pesan Sultan HB X ini diharapkan bisa jadi pegangan selama Bupati menjabat

BERITA JOGJA – Gubernur Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X secara resmi melantik tiga Bupati baru yang terpilih, Rabu (17/2) pagi. Tiga Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik adalah Sri Purnomo-Sri Mulyani (Sleman), Badingah-Immawan Wahyudi (Gunungkidul), dan Suharsono-Abdul Halim (Bantul).

Sultan HB X Sabda Raja

Sultan HB X ditemani GKR Hemas. (Foto: CahyoPE)

Pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dilanjutkan pengambilan sumpah oleh Sultan. Setelah acara, Sultan memberikan pesan-pesan pada para Bupati. Sultan berpesan agar  Bupati dan Wakil Bupati lebih memaksimalkan potensi alam di masing-masing daerahnya dalam pembangunan.

“Bupati harus menjaga kesinambungan program, kita juga memiliki potensi alam yang luar biasa, hendaknya ini dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat,” kata Sultan.

Di Kabupaten Sleman, Sultan meminta Bupati Sri Purnomo untuk melihat potensi Gunung Merapi yang dilirik banyak peneliti. Selain itu juga ada potensi kampus-kampus besar di Sleman yang menjadi tujuan orang dari penjuru Indonesia untuk sekolah.

“Di Bantul, kita memiliki Geoheritage yaitu gumuk pasir yang hanya ada di Bantul dan Meksiko. Ini menjadi potensi yang besar jika bisa dikembangkan, saat ini sudah banyak para pemain sand boarding yang bebas memilih tempat untuk berolahraga,” terangnya.

Sementara itu di kabupaten Gunungkidul, Sultan meminta bupati terpilih untuk memanfaatkan potensi pesisir pantai yang kaya dengan hasil laut.”Dagang layar harus menjadi semangat untuk pengembangan masyarakat. Sejak dulu bangsa kita memiliki karakter kemaritiman, jiwa bahari ini hendaknya ditumbuhkan kembali,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar