Petualangan Pengguna Paspor Palsu Berakhir di Jogja

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Donnie Setiawan alias Kok Houw, pengguna paspor palsu bernomor A7339933 akhirnya dituntut 6 bulan penjara subsider 1 bulan dan denda Rp1 juta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yogie Raharjo, Senin (22/6) di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Jaksa menilai Donnie terbukti sah dan meyakinkan melanggar Pasal 126 huruf a UU RI No.6 Tahun […]

BERITA JOGJA – Donnie Setiawan alias Kok Houw, pengguna paspor palsu bernomor A7339933 akhirnya dituntut 6 bulan penjara subsider 1 bulan dan denda Rp1 juta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yogie Raharjo, Senin (22/6) di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Jaksa menilai Donnie terbukti sah dan meyakinkan melanggar Pasal 126 huruf a UU RI No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

Kantor Cabang Lion Air Digugat 1 M

Istimewa

Sebagaimana diketahui dalam amar dakwaan Donnie mendapatkan paspor palsu pada 2014 lalu melalui seorang sopir taksi di Jakarta. Sopir taksi yang kini diburu kepolisian tersebut mengenalkannya pada seseorang yang membuatkannya paspor palsu seharga Rp4 juta lengkap dengan identitas baru.

“Saya tidak membacakan pledoi karena memang sudah terbukti bersalah. Donnie sendiri bisa tertangkap setelah orang dalam dari pihak keimigrasian itu ditangkap polisi di Jakarta,” kata Kuasa Hukum terdakwa, Wijayanto SH.

Berbekal paspor palsu ini Donnie sudah sering bepergian ke luar negeri. Tercatat, ia sudah lima kali ke Malaysia dan dua kali ke Thailand. Saat berkunjung ke Jogja Maret 2015 lalu barulah dirinya tertangkap di Bandara.

“Tertangkapnya klien saya karena kepolisian mengembangkan kasus ini dengan melacak siapa saja yang membuat paspor palsu,” tambah Wijayanto.

Sidang akan dilanjutkan pekan depan untuk mendengar putusan dari Hakim.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar