Pilih Pacaran Apa TTM-an? Ini Kata Anak SMA

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Pacar atau Teman Tapi Mesra (TTM) di kalangan anak muda bukan hal aneh. Bedanya cuma di status. Mau pacaran atau TTM-an juga bebas-bebas saja, semua pilihan. Karena pilihan, jawabannya pun berbeda. “Saya mending pacar daripada TTM-an. Kasihan lah yang jadi TTM, bisa diajak jalan, pegangan tangan, pelukan pas naik motor, tapi enggak […]

BERITA JOGJA – Pacar atau Teman Tapi Mesra (TTM) di kalangan anak muda bukan hal aneh. Bedanya cuma di status. Mau pacaran atau TTM-an juga bebas-bebas saja, semua pilihan. Karena pilihan, jawabannya pun berbeda.

TTM

Istimewa

“Saya mending pacar daripada TTM-an. Kasihan lah yang jadi TTM, bisa diajak jalan, pegangan tangan, pelukan pas naik motor, tapi enggak ada status. Biasanya cowok tuh yang senengnya TTM-an” kata Aliya, pelajar SMA 2 Jogja.

“Eh enggak ah, lebih enak TTM-an tahu. Kalau pacar sih kaya ada semacam apa ya, kita dituntut buat setia, kalau TTM kan bebas aja sama yang lain juga kalau jalan,” timpal Nurha, teman Aliya.

Pendapat Aliya dibantah Rendi, pelajar SMA 3 Jogja. Buat Rendi, pacaran sama TTM-an enggak ada sangkut pautnya sama kelamin. “Sama aja sih, tiap orang juga beda-beda. Ada juga cewek yang senengnya TTM-an. Kalau saya si milih TTM-an, hehe..” katanya.

Pacar atau TTM punya kesamaan. Sebagian besar diikuti emosi. Ini dibilang oleh Psikolog Rika Vira Zwaggery. Menurut Yaya, sapaan akrabnya, keduanya sama-sama melibatkan perasaan. “Kedekatan itu pasti melibatkan perasaan, apalagi yang sudah lama. Mau pacar atau TTM, pasti ada perasaan di sana,” katanya.

Pendapat Yaya mendapat anggukan dari Tutik, pelajar SMA Muhammadiyah 2. Tutut, panggilan akrabnya yakin kalau pacar dan TTM sebenarnya juga bisa melibatkan rasa sayang yang sama besarnya.

“Pasti lah sayang sama pacar atau TTM. Kayak enggak rela gitu lah kalau dia sama yang lain. Bedanya kalau jadi pacar kita bisa nuntut, bisa marah, kalau TTM-an enggak. Itu enggak enaknya,” katanya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar