Posisi Matahari Sebabkan Suhu di Jogja Makin Panas

BERITA JOGJA – Suhu Jogjakarta selama beberapa hari belakangan ini terasa panas, hal ini ternyata disebabkan karena posisi matahari sedang berada tepat di atas Pulau Jawa. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta. Menurut keterangan petugas Staf Data dan Informasi BMKG Jogjakarta, Annur Fajar Astuti, saat ini matahari tengah berada dalam […]

BERITA JOGJA – Suhu Jogjakarta selama beberapa hari belakangan ini terasa panas, hal ini ternyata disebabkan karena posisi matahari sedang berada tepat di atas Pulau Jawa. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta.

Istimewa

Istimewa

Menurut keterangan petugas Staf Data dan Informasi BMKG Jogjakarta, Annur Fajar Astuti, saat ini matahari tengah berada dalam siklus bergerak dari belahan selatan bumi menuju garis ekuator. Akibat dari proses tersebut saat ini matahari sedang tepat berada di atas pulau Jawa yang kemudian membuat suhu di Jogjakarta menjadi panas.

“Kondisi matahari berada tepat di atas Pulau Jawa diprediksi akan masih akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Diperkirakan baru akhir Maret, posisi matahari bergeser dari atas Pulau Jawa,” jelas Annur.

Berdasarkan pantauan dari BMKG, pada siang hari, suhu di wilayah Jogjakarta berkisar antara 31 hingga 32 derajat celsius. Diperkirakan suhu di Jogjakarta masih bisa meningkat hingga mencapai 33 derajat celsius.

Selain membawa dampak suhu panas, posisi matahari yang berada tepat di atas Pulau Jawa juga akan memicu adanya awan konvektif. Awan tersebut bisa menyebabkan terjadinya hujan lebat dalam waktu yang singkat, angin kencang dan juga petir.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar