Nama-nama jalan di Jogja

Predikat Keistimewaan Jogja Sempat Mau Dihapus Pemerintah

BERITA JOGJA – Jogjakarta punya kaitan erat dengan kemerdekaan Indonesia. Kota ini jadi medan pertempuran dengan Belanda dan jadi yang pertama ikhlas bergabung dengan NKRI. Selain itu biaya pemerintahan juga sempat ditanggung oleh Kraton di masa Sultan HB IX menjadi raja. Di era pemerintahan Sukarno, Jogja mendapat banyak perlindungan dari jasa yang pernah diberikan. Misalnya […]

BERITA JOGJA – Jogjakarta punya kaitan erat dengan kemerdekaan Indonesia. Kota ini jadi medan pertempuran dengan Belanda dan jadi yang pertama ikhlas bergabung dengan NKRI. Selain itu biaya pemerintahan juga sempat ditanggung oleh Kraton di masa Sultan HB IX menjadi raja.

Keistimewaan Jogja

Istimewa

Di era pemerintahan Sukarno, Jogja mendapat banyak perlindungan dari jasa yang pernah diberikan. Misalnya saja melalui Piagam Kedudukan dan sejumlah Undang-Undang (UU). Namun, di awal era Orde Baru (Orba) sebaliknya. Predikat Kesitimewaan Jogja malah sempat mau dihapuskan.

Hal ini tercatat dalam Wasiat HB IX: Yogyakarta Kota Republik yang ditulis Haryadi Baskoro (peneliti kebudayaan) dan Sudomo Sunaryo yang sempat menjadi penulis pidato Sultan HB IX. Dari catatan keduanya, pihak Orba sempat merumuskan UU No.5 Tahun 1974 mengenai Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah. UU tersebut mempermasalahkan status keistimewaan yang didapat Jogja dan Aceh.

Dalam UU tersebut dituliskan bahwa sesuai dengan sifat Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pemerintah daerah sejauh mungkin diseragamkan. Adanya isi UU ini terang mendapat pro dan kontra oleh anggota dewan di parlemen. Sabam Sirait, salah seorang anggota DPR kala itu mengkritik keras adanya UU ini.

“Penghapusan Daerah Istimewa berarti pengingkaran terhadap Pasal 18 UUD 1945,” kritik Sabam yang mendapat dukungan dari banyak anggota dewan lainnya.

Banyaknya kritik, terutama oleh rakyat Jogja sendiri akhirnya memupuskan keinginan untuk menghapus keistimewaan Jogja. Meski UU tetap diberlakukan, Keistimewaan Jogja sendiri dijamin dalam Pasal 91 huruf b

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar