Pro Kontra Nikah Muda di Jogja

Oleh Jatu Raya,

Rata-rata mereka yang menikah muda masih berusia 16-21 tahun.

BERITA JOGJA – Tren menikah muda melanda banyak pasangan di Indonesia. Begitu juga di Jogja. Tren ini mengemuka selama lima tahun terakhir. Rata-rata mereka yang menikah muda masih berusia 16-21 tahun.

Ilustrasi menikah muda (Foto: Istimewa)

Ilustrasi menikah muda (Foto: Istimewa)

Mereka yang memilih menikah muda menggunakan legalitasnya masing-masing. Negara sendiri memang memfasilitasi warganya untuk menikah muda sesuai UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Dalam UU disebutkan usia minimal seseorang menikah adalah 16 tahun.

Banyak kritik terhadap UU yang melegalkan pernikahan usia dini tersebut. Salah satunya datang dari Suprapto, dari Pusat Studi Wanita (PSW) UGM. Menurutnya batas usia 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki ini tidak adil.

“Itu sama saja memasung peran perempuan. Karier dan Hak Pendidikan perempuan jadi terpasung dengan adanya klausa batasan usia tersebut,” jelasnya.

Apalagi 16 tahun secara teori psikologi kognitif maupun afektif bukan merupakan usia matang. “Belum lagi kenyataannya banyak yang menikah di bawah usia 16 tahun,” kritiknya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar