Proses Penggalian Candi di Mlati Alami Kemajuan

BERITA JOGJA – Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogjakarta yang telah melakukan penggalian sejak sepekan lalu mulai menemukan reruntuhan bangunan candi di situs Karangbajang, Mlati, Sleman. Meski telah ada kemajuan penemuan reruntuhan bangunan candi, BPCB menilai saat ini masih belum cukup signifikan untuk menentukan apakah nantinya proses ekskavasi akan dilanjutkan atau tidak. Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan […]

BERITA JOGJA – Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogjakarta yang telah melakukan penggalian sejak sepekan lalu mulai menemukan reruntuhan bangunan candi di situs Karangbajang, Mlati, Sleman. Meski telah ada kemajuan penemuan reruntuhan bangunan candi, BPCB menilai saat ini masih belum cukup signifikan untuk menentukan apakah nantinya proses ekskavasi akan dilanjutkan atau tidak.

Prasasti Kuno Candi Kedulan

Candi Kedulan (Foto: Istimewa)

Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Jogjakarta, Wahyu Astuti, mengatakan, reruntuhan yang ditemukan pada situs di Karangbajang, Kecamatan Mlati, tersebut baru berupa permulaan candi, atau yang disebut antefiks, berupa hiasan candi.

“Temuan antefiks itu reruntuh candi yang kami temukan. Temuan yang masih dangkal ini pun cukup wajar. Karena proses penggalian baru berjalan dua hari terakhir,” urainya

Sementara itu proses penggalian terus dilakukan, bersama dengan tenaga lokal serta dibantu beberapa mahasiswa jurusan arkeologi.Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan BPCB Jogjakarta Muhammad Taufik mengatakan, penggalian yang dilakukan baru delapan kotak. Dan selanjutnya direncanakan akan ditambah sampai 14 kotak.

“Memang sudah bisa dikatakan ada candinya, tapi masih kurang temuannya jika akan dilakukan terus ekskavasinya,” katanya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar