Pilkada Elektronik

PSKK UGM: Pilkada Elektronik di Depan Mata

Oleh azkamaula,

BERITA JOGJA – Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) memprediksikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bisa dilakukan secara elektronik. Sebabnya, teknologi kekinian memungkinkan untuk hal tersebut. Peneliti Senior PSKK UGM, Prof. Dr. Muhadjir Darwin mengatakan bahwa ada banyak keuntungan dengan adanya Pilkada elektronik. Misalnya saja soal data dan jangkauan pemilihan. “Kalau elektronik, […]

BERITA JOGJA – Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) memprediksikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bisa dilakukan secara elektronik. Sebabnya, teknologi kekinian memungkinkan untuk hal tersebut.

Pilkada Elektronik

Istimewa

Peneliti Senior PSKK UGM, Prof. Dr. Muhadjir Darwin mengatakan bahwa ada banyak keuntungan dengan adanya Pilkada elektronik. Misalnya saja soal data dan jangkauan pemilihan.

“Kalau elektronik, datanya bisa cepat keluar. Lagipula manipulasi data akan jadi lebih kecil asalkan teknologinya terpantau dengan baik,” tuturnya, Minggu (19/4) petang.

Pilkada Elektronik juga diprediksi mampu menjangkau pemilih di luar negeri. Pasalnya Pilkada serentak akhir tahun nanti yang menggunakan sistem SIAK masih banyak kekurangan. “Karena penduduk punya mobilitas tinggi. Para TKI yang di luar negeri, saat Pilkada ini kehilangan hak pilihnya karena data bersifat statis,” ujarnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar