PT SMI Mitra Pembangunan Infrastruktur dan Investasi

Oleh Zaenu R,

PT SMI yang didirikan sejak tahun 2009 merupakan katalis dalam percepatan pembangunan infrakstruktur Indonesia.

BERITA JOGJA – Indonesia berjuang dari keterpurukan ekonomi setelah krisis moneter global pada tahun 1997. Perjuangan yang tidak sia-sia karena setelah telah hampir dua dasawarsa, geliat perekonomian yang ditandai dengan majunya pembangunan infrastruktur mulai membaik. Kemerataan yang tidak hanya berpusat di pulau Jawa namun juga berkembang hingga di luar pulau Jawa.

Ilustrasi PT SMI (Dok: PT SMI)

Ilustrasi PT SMI (Dok: PT SMI)

Sejak pemerintahan Presiden Jokowi, percepatan pembangunan infrastruktur pada beberapa daerah tertinggal seperti di pulau Sumatera, Kalimantan, Papua dan sebagainya dikebut. Proyek transportasi seperti pembangunan tol, pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera dan sebagainya merupakan bukti dari percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia.

PT SMI yang didirikan sejak tahun 2009 merupakan katalis dalam percepatan pembangunan infrakstruktur Indonesia dan 100% dimiliki oleh pemerintah Indonesia menjamin akan adanya ketersediaan dana bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia. Total Portofolio sebesar Rp4 triliun menjadi modal utama dalam berbagai proyek dari PT SMI. Diharapkan, daerah di Indonesia menjadi lebih cepat maju dengan adanya pembangunan infrastruktur ini.

Tujuan dari pendirian PT SMI selain sebagai katalis dalam pembangunan dan percepatan infrastruktur di Indonesia, juga sebagai alternatif sumber dana untuk berbagai pembiayaan proyek yang berkerja sama dengan pihak yang berkepentungan dalam proyek dengan menyediakan pembiayaan yang tepat. Selain dua tujuan diatas, PT SMI dibentuk dengan tujuan mempromosikan kerjasama Pemerintah dengan Swasta dalam berbagai pembiayaan dan proyek infrastruktur di Indonesia dan meningkatkan kapasitas, efeketivitas serta jumlah dengan kemitraan pihak ketiga.

Untuk menjangkau berbagai macam ketersediaan dana bagi pembangunan infrastruktur, maka PT SMI menyediakan produk dan jasa berupa pembiayaan dan investasi berupa pembiayaan investasi berjangka, pinjaman lunak, Take Out Financing, pembiayaan modal kerja,  pembiayaan promosi, investasi penyertaan modal, pembiayaan talangan bagi proyek, dan pembiayaan subordinasi.

Selain produk pembiayaan, terdapat juga jasa konsultasi berupa konsultasi keuangan dan investasi, konsultasi transaksi, dan pelatihan peningkatan kapasitas. Melalui jasa konsultasi ini, diharapkan para investor yang berperan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat memiliki manajemen dan pengelolaan yang terarah dalam segala proyek yang diperjanjikan dengan pemerintah.

Selain itu, terdapat pula fungsi dari PT SMI dalam proyek Kerja sama Pemerintah-Swasta (KPS) berupa fasilitas pengembangan proyek, konsultasi kepada kepala penanggung jawab proyek pemerintah, dan peningkatan kapasitas. Dengan rencana strategis yang mengacu pada arah perkembangan usaha, PT SMI mengembangkan target bisnis dalam usaha perkembangan infrastruktur dalam 3 fase, yaitu fondasi korporasi yang kuat, membangun bisnis PT SMI dalam pembiayaan multi infrastruktur, dan menjadi perusahaan yang memberikan solusi total bagi pembiayaan infrastruktur di Indonesia.

Didukung oleh sumber daya manusia yang berpengalaman di bidangnya, memberikan PT SMI sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar