Pukat UGM : Hakim Sarpin masuk angin!

Oleh Kresna,

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi UGM, Hifzdil Halim mencurigai hakim Sarpin yang memimpin sidang pra peradilan Komjen Budi Gunawan tidak netral. Dia berpendapat putusan pra peradilan tersebut jauh dari yang diharapkan masyarakat. “Sarpin masuk angin, saya tidak tahu apakah ada ancaman atau tidak, tapi kalau lihat rekam jejaknya, saya ragu,” katanya pada wartawan, Senin (16/2). […]

Hifzdil Alim peneliti Pukat UGM

Hifzdil Alim peneliti Pukat UGM

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi UGM, Hifzdil Halim mencurigai hakim Sarpin yang memimpin sidang pra peradilan Komjen Budi Gunawan tidak netral. Dia berpendapat putusan pra peradilan tersebut jauh dari yang diharapkan masyarakat.

“Sarpin masuk angin, saya tidak tahu apakah ada ancaman atau tidak, tapi kalau lihat rekam jejaknya, saya ragu,” katanya pada wartawan, Senin (16/2).

Dia melihat ada kejanggalan hasil putusan pra peradilan seperti BG tidak termasuk pejabat negara. “Begini, kalau BG itu bukan aparat penegak hukum, yang masuk aparat penegak di polisi hanya yang melakukan lidik dan sidik, maka yang aparat itu hanya Reskrim saja. Lantas bukan, Intel bukan. Nanti kalau ada yang ditilang, lawan aja karena nggak punya hak, logikanya jadi seperti itu,” ujarnya.

Meski demikian dia cukup lega, pasalnya Sarpin tidak menerima seluruh tuntutan pra peradilan BG.

“Paling penting Bareskrim tidak boleh meminta memaksa ke dalam KPK, tidak boleh menyita, mengembalikan dokumen itu. Sudah diputuskan ditolak, Bareskrim tidak boleh lagi. Kalau memaksa berarti melawan putusan pengadilan,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar