Puluhan Seniman Jogja Gelar Pameran Mendadak Stiker

BERITA JOGJA – Sebuah pameran seni rupa bertajuk “Mendadak Stiker” digelar pada Senin (6/4) di Dongeng Kopi & Indiebook Jl. Wahid Hasyim no. 3 Gorongan Condong Catur. Sesuai tajuknya, pameran ini memang menggunakan medium stiker sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan baik dengan gambar maupun tulisan. Puluhan seniman asal Jogja dan mancanegara turut dilibatkan dalam pameran […]

BERITA JOGJA – Sebuah pameran seni rupa bertajuk “Mendadak Stiker” digelar pada Senin (6/4) di Dongeng Kopi & Indiebook Jl. Wahid Hasyim no. 3 Gorongan Condong Catur. Sesuai tajuknya, pameran ini memang menggunakan medium stiker sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan baik dengan gambar maupun tulisan.

Mendadak Stiker

Salah satu ruang dalam pameran mendadak stiker (Foto: Irwan Bajang)

Puluhan seniman asal Jogja dan mancanegara turut dilibatkan dalam pameran ini.“Stiker punya sejarah panjang, ia hadir bukan saja sebagai merk dan identitas. Ia juga bisa menjadi alat perlawanan. Anak-anak punk membuat stiker dan emblem untuk menunjukan bentuk protes dia pada hal-hal yang tidak mereka terima.” Ujar Irwan Bajang selaku korator dan penggagas program.

Tidak hanya itu, kelebihan lain sticker yakni keberadaannya yang cukup mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. “Stiker unik, ia bisa diproduksi cepat dan bisa ditempel di mana saja. Tidak butuh waktu banyak, tinggal buka perekatnya, tempel!”

Pameran stiker ini didukung juga oleh beberapa seniman lintas displin, penyair-penyair di Puisi Indo Jogja, BBDKK (Experimental Sound), Chika X Pistol Air, Dimas Pratisto dan Bagustian. Pada pembukaan pameran nanti, beberapa intelektual juga akan memberikan testimoni tentang pameran ini.

Pameran Mendadak Stiker rencananya  akan digelar sampai akhir April 2015. Acara ini diselenggarakan oleh Dongengkopi & Indiebook, sebagai bentuk dukungan terhadap ruang alternatif baru yang memfasilitas komunitas kreatif menjalankan dalam agenda-agenda mereka.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar