Pusat Peradaban Dunia Mulai Bergeser ke Indonesia

BERITA JOGJA – Setelah mulai bergesernya pusat peradaban dari Eropa dan Amerika ke Asia, Indonesia sebagai salah satu negara di Asia dianggap mampu menjadi pusat peradaban dunia. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno saat Kongres Pancasila VII di Balai Senat UGM, Minggu (31/5) kemarin. Menurut Pratikno, saat ini peradaban dunia mulai […]

BERITA JOGJA – Setelah mulai bergesernya pusat peradaban dari Eropa dan Amerika ke Asia, Indonesia sebagai salah satu negara di Asia dianggap mampu menjadi pusat peradaban dunia. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno saat Kongres Pancasila VII di Balai Senat UGM, Minggu (31/5) kemarin.

Pulau di Indonesia

Istimewa

Menurut Pratikno, saat ini peradaban dunia mulai bergeser ke Indonesia. Indonesia dianggap mampu menjadi salah satu peradaban dunia tersebut. Dengan menjadi salah satu peradaban dunia, Indonesia diharapkan bisa menjadi sebuah negara yang berdaulat.

“Selama ini Indonesia memiliki beberapa modal penting untuk menjadi bangsa berdaulat. Indonesia memiliki Pancasila. Selain itu Indonesia juga menjadi pengagas Konferensi Asia Afrika yang mampu menggerakkan bangsa Asia dan Afrika. Indonesia juga memiliki modal sebagai negara pendiri ASEAN,” jelas Pratikno.

Pratikno juga menambahkan bahwa Pancasila sebagai identitas bangsa banyak diakui oleh negara lain. Sebagai contoh adalah Afghanistan yang mengirimkan para pemimpinnya untuk belajar tentang Pancasila. Mereka tertarik dengan bagaimana keberagaman suku, budaya dan agama bisa diwadahi dengan baik oleh Pancasila.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar