“Putra Nusantara”: Musik yang Mengejutkan dari Shaggydog

Oleh Jatu Raya,

Lirik yang mampu mengacak-acak disonansi sosial menjadikan mereka memang layak ditasbihkan sebagai band papan atas Indonesia

BERITA JOGJA -Band asal Jogja, Shaggydog merilis lagu baru berjudul “Putra Nusantara” Rabu (17/8) kemarin. Di saat bersamaan mereka juga merilis video klip lagu tersebut di laman Youtube mereka. Berbeda dari single dari album-album sebelumnya, “Putra Nusantara” menunjukkan kematangan eksplorasi musik dan lirik dari band yang berasal dari Sayidan ini.

Sound gitar akustik yang empuk di awal lagu, bass line Bandizt yang sederhana memberi peluang eksplorasi sound drum Yoyo, ditambah bunyi-bunyian seksi dari kibor Lilik jadi landscape Heruwa menyuarakan lirik-lirik kritis selama empat menit lebih.

Lirik kuat seperti Badan hitam legam terbakar matahari/sehitam warna langit kota yang penh polusi/seharusnya mereka berada di sekolah/tapi sekolah mahal bagi mereka yang tak punya atau Kota megah dan indah/tapi di balik itu semua ada cerita/Pembangunan melaju/Ada yang terlupa coba lihat ke jalan bakal menusuk pendengar.

Iwa K yang ikut berkolaborasi juga sukses mengantar Heruwa menuju klimaks bersama anak-anak yang gaduh bernyanyi kami putra nusantara/ingin pintar bersahaja/Jangan kau pandang kami dengan sebelah mata/Nasib negeri di tangan kami ingatlah selalu/

Mendengarkan lagu yang dirilis Rabu (17/8) kemarin sungguh menyenangkan. Shaggydog muncul corak lagu berbeda. Aransemen yang menyegarkan dan masih memberi peluang dansa ditambah lirik yang mampu mengacak-acak disonansi sosial menjadikan mereka memang layak ditasbihkan sebagai band papan atas Indonesia.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar