Rasulan

Rasulan: Tradisi Unik di Gunungkidul

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Jogjakarta memiliki banyak budaya dan tradisi, bahkan setiap wilayah memiliki budaya yang berbeda-beda. Gunungkidul, salah satu kabupaten yang berada di Jogjakarta, memiliki budaya yang cukup unik yang disebut dengan Rasulan. Rasulan merupakan salah satu tradisi bersih desa yang masih sering diadakan di Gunungkidul, acar tersebut diadakan satu tahun sekali. Hari pelaksanaan pun […]

BERITA JOGJA – Jogjakarta memiliki banyak budaya dan tradisi, bahkan setiap wilayah memiliki budaya yang berbeda-beda. Gunungkidul, salah satu kabupaten yang berada di Jogjakarta, memiliki budaya yang cukup unik yang disebut dengan Rasulan.

Rasulan

Dokumen Kidnesia

Rasulan merupakan salah satu tradisi bersih desa yang masih sering diadakan di Gunungkidul, acar tersebut diadakan satu tahun sekali. Hari pelaksanaan pun berbeda-beda, menurut kesepakatan masing-masing desa. Banyak yang percaya, bahwa Rasulan merupakan salah satu bentuk rasa syukur terhadap Yang Mahakuasa, atas limpahan rahmat dan rezeki yang diberikan pada desa tersebut.

Rasulan biasanya dirayakan dengan berbagai rangkaian acara. Pada puncak acara akan ada perayaan mengarak gununggan, tumpengan, dan pertunjukan seni budaya. Salah satu yang menarik saat puncak acara Rasulan selain pertunjukan seni budaya dan arak-arakan gununggan adalah adanya tradisi jamuan makan untuk setiap orang yang datang.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar