Ratusan PKL di Alun-Alun Utara Menolak Relokasi

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-Alun Utara yang tergabung dalam Pelaku Ekonomi dan Pariwisata Alun-Alun Utara (Peta Altar) menolak direlokasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja. Pasalnya Peta Altar melihat relokasi bukan solusi yang tepat bagi mereka. “Kami menolak dipindahkan selama belum ada solusi konkret. Kami bukannya enggak setuju, tapi penataan atau […]

BERITA JOGJA – Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-Alun Utara yang tergabung dalam Pelaku Ekonomi dan Pariwisata Alun-Alun Utara (Peta Altar) menolak direlokasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja. Pasalnya Peta Altar melihat relokasi bukan solusi yang tepat bagi mereka.


“Kami menolak dipindahkan selama belum ada solusi konkret. Kami bukannya enggak setuju, tapi penataan atau relokasi harus manusiawi dan memanusiakan para pedagang,” tegas Totol selaku Koordinator Peta Altar, Rabu (29/7).

Selain itu, Totok menilai adanya usaha relokasi ini belum menjamah semua pedagang di Alun-Alun. “Ada 400an pedagang dan bangunan relokasi hanya mengakomodasi 200. Kalau mau ditata ulang ya semuanya haris terfasilitasi,” tambahnya.

Pihak Pemkot sendiri sudah menyiapkan bangunan untuk para pedagang yang direlokasi. Kendati demikian, bangunan yang disediakan menurut Totok akan mematikan ekonomi para pedagang. “Selain belum terakomodasi semua, pendopo untuk relokasi masih tertutup. Bagaimana wisatawan mau belanja kalau begitu,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar