Rektor UIN Jogja Bantah Mahasiswanya Ikut Ibadah Natal

Oleh Jatu Raya,

Ada empat poin bantahan yang dikemukakan Rektor UIN Jogja soal pemberitaan mahasiswa UIN yang ikut ibadah natal.

BERITA JOGJA – Rektor Universitas Islam Nusantara (UIN) Sunan Kalijaga Jogja,Prof.Drs.H Akh Minhaji, bantah mahasiswanya mengikuti misa natal di Solo. Bantahan Rektor UIN Jogja ini dikemukakan usai ramainya berita tentang mahasiswanya yang ikut misa natal di media sosial (medsos).

Ada empat poin bantahan yang dikemukakan Rektor UIN Jogja itu. Pertama, adanya kehebohan di media sosial karena pemberitaan itu sangat tendensius dan bisa memecah belah persatuan. Kedua, data yang disaring dalam pemberitaan tidak lengkap dan hanya sebagian.

“Ketiga, mahasiswa yang menyaksikan, bukan mengikuti, prosesi natal adalah para mahasiswa dan mahasiswi prodi S2 Agama dan Filsafat Fakultas Ushuluddin yang konsentrasiya Studi Agama dan Resolusi Konflik pada mata kuliah Studi Al Quran dan perbandingan kitab suci agama,” tulis Rektor UIN dalam klarifikasinya.

Soal poin ketiga ini Rektor UIN menambahkan para mahasiswa sedang melakukan penelitian partisipant obsercer tentang prosesi natal sebagai bagian dari proses akademis. “Mereka juga melakukan kegiatan serupa saat waisak, Nyepi, atau Imlek,” tambahnya.

Empat, adapun Wahyu Nugroho yang disebut-sebut dalam pemberitaan itu adalah dosen luar biasa dalam tim dengan koordinator Dr.Baedowi. “Kami harap warga arif dan waspada atas banyaknya isu pemberitaan dan tidak memberikan komentar yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat,” pungkas Rektor UIN.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar