Pameran Batu Mulia Galuh Group

Ribuan Batu Akik Akan Dibagikan Gratis di XT Square

BERITA JOGJA – 3000 potong batu akik yang disusun menjadi gunungan akan dikirab dan dibagikan kepada masyarakat, Kamis (25/6) mendatang. Gunungan akik yang dikemas dalam acara ‘Garebeg Gunungan Batu Mulia’ tersebut akan dijadikan sebagai pembuka acara pameran batu akik yang diadakan di XT Square dari 25 Juni hingga 14 Juli mendatang. Menurut Direktur Operasional dan […]

BERITA JOGJA – 3000 potong batu akik yang disusun menjadi gunungan akan dikirab dan dibagikan kepada masyarakat, Kamis (25/6) mendatang. Gunungan akik yang dikemas dalam acara ‘Garebeg Gunungan Batu Mulia’ tersebut akan dijadikan sebagai pembuka acara pameran batu akik yang diadakan di XT Square dari 25 Juni hingga 14 Juli mendatang.


Menurut Direktur Operasional dan Pemasaran XT Square, Widihasto Wasana Putra, gunungan akik yang saat ini tengah dikerjakan akan dibuat setinggi dua meter dan dia meter 1,5 meter dengan 3000 potong batu akik sebagai bahan utamanya. Batu yang digunakan sebagai bahan membuat gunungan terdiri dari beraneka jenis, sepertu kalsedon, badar, pancawarna, pacitan, mani gajah, bacan, garut hingga fosil kayu.

“Acara ini sebagai wujud syukur atas boomingnya batu akik. Karena batu akik sudah memberi dampak ekonomi bagi banyak kalangan, mulai tukang batu, tukang gosok, tukang emban sampai toko pernak-pernik,” terang Hasto.

Hasto juga menambahkan bahwa nantinya gunungan batu akik seberat 100 kilogram tersebut akan diarak terlebih dahulu. Arakan gunungan akik akan dimulai dari Kantor Kecamatan Umbulharjo, menyusuri jalan Glagahsari dan berakhir di XT Square. Arakan gunungan akik ini akan mendapat pengawalan dari lima bregada rakyat yakni Ngeksigondo, Kalinyamat, Lombok Ijo, Lombok Abang dan Wira Tirta Brata.

Nantinya setelah diarak dan tiba di XT Square, ribuan batu akik yang disusun di gunungan tersebut akan dibagikan gratis kepada masyarakat. “Silakan nanti masyarakat mengambil. Yang penting jangan rebutan, tertib dan jaga sopan santun,” ujar Hasto.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar