Makanan orang Belanda

Rijstafel, Makanan Orang Belanda di Jogja Zaman Dulu

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Dari asal katanya, rijs merupakan bahasa Belanda yang berarti nasi sedangkan tafel adalah meja. Rijstafel merupakan serangkaian hidangan yang biasanya disajikan pada siang atau malam hari oleh para penjajah Belanda di Jogjakarta. Serangkaian menu rijstafel berisi nasi, olahan daging, sayur, krupuk, emping, kue-kue, dan seringkali hidangan ini diampingi dengan bir. Hidangan ini […]

BERITA JOGJA – Dari asal katanya, rijs merupakan bahasa Belanda yang berarti nasi sedangkan tafel adalah meja. Rijstafel merupakan serangkaian hidangan yang biasanya disajikan pada siang atau malam hari oleh para penjajah Belanda di Jogjakarta.

Makanan orang Belanda

Istimewa

Serangkaian menu rijstafel berisi nasi, olahan daging, sayur, krupuk, emping, kue-kue, dan seringkali hidangan ini diampingi dengan bir. Hidangan ini disajikan oleh para pribumi yang masing-masing membawa satu hidangan.

Rijstafel juga bisa menampilkan kedudukan seseorang di masyarakat sebab tak dihidangkan sembangaran dan merupakan acara makan formal. Jika rijstafel disajikan oleh banyak pembantu, maka tuan rumah merupakan seorang bangsawan kaya yang memiliki banyak budak. Pun dengan jumlah tamu undangan dan jenis makanan yang dihidangkan, semakin mewah, semakin terlihat kuasa si tuan rumah.

Berikut ini adalah masakan yang sering dihidangkan oleh orang Belanda zaman dulu di Jogjakarta.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar