robot api UMY

Robot Api Wakili UMY ke KRI Nasional

BERITA JOGJA – Robot pemadam api buatan Danu Baro Saputro, Usman Abdul Rahman, dan Rifai dari Fakultas Teknik UMY bakal mewakili kampus mereka dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) nasional 11 Juni mendatang. Robot pemadam api bernama Mister Cool MK 4 ini bakal bertarung dengan robot berkaki lainnya dalam KRI yang diinisisasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi […]

BERITA JOGJA – Robot pemadam api buatan Danu Baro Saputro, Usman Abdul Rahman, dan Rifai dari Fakultas Teknik UMY bakal mewakili kampus mereka dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) nasional 11 Juni mendatang. Robot pemadam api bernama Mister Cool MK 4 ini bakal bertarung dengan robot berkaki lainnya dalam KRI yang diinisisasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini.

Robot UMY

Tiga mahasiswa UMY bersama Robot Api. (Foto: Dok UMY)

Usman, salah seorang penemu robot mengatakan bahwa Mister Cool ini punya keunggulan dibandingkan tiga generasi robot api sebelumnya. Robot buatan mereka ini bisa bergerak lebih dinamis dan otomatis ke segala arah karena sudah menggunakan perhitungan invers kinematic. “Selain itu Mister Cool jalannya sudah seperti hewan. Kami memang membuat robot berkaki berbentuk laba-laba jadi jalannya juga sudah seperti laba-laba,” katanya baru-baru ini.

Ditambahkan Danu, keunggulan lain dari Mister Cool adalah adanya sensor yang bisa mendeteksi api. “Sensor warna ini kami gunakan agar robot bisa mendeteksi dan membedakan jalur saat memadamkan api dan mendeteksi api dari jarak jauh,” tambahnya.

Pada tahun sebelumnya, mahasiswa UMY juga lolos KRI nasional bersama robot api generasi ketiga.”Tahun lalu kami juara empat, sekarang target juara satu,” tegas Usman.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar