Sah! Gunungkidul Jadi Aset Internasional

Oleh Maya Eka,

Resmi terdaftar di Global Geopark Network (GGN) bakal mendongkrak wisata Gunungkidul.

BERITA JOGJA – Gunungkidul yang merupakan rangkaian Gunung Sewu resmi terdaftar menjadi Global Geopark Network (GGN) sebagai salah satu taman bumi (geopark) internasional.

Pantai di Gunungkidul

Pantai Indrayanti Gunungkidul dipadati pengunjung. (Foto: Rohhaji)

Penghargaan ini diberikan pada acara Asia Pasific Geopark Network yang berlangsung di Jepang pada tanggal 15-20 September lalu.

Dengan diresmikannya Gunung Sewu sebagai GGN, Gunungkidul kini menjadi tempat pariwisata internasional. “Gunungkidul kini menjadi salah satu aset internasional. Hal ini tentu saja akan mendongkrak sektor pariwisata yang ada di Gunungkidul,” terang Hary Sukmono, Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul.

Sukmono menambahkan, gelar tersebut akan membuat wisatawan yang datang ke Gunungkidul meningkat, tidak hanya wisatwan lokal, namun juga mancanegara. Oleh karena itu pihaknya dan pemerintah Gunungkidul akan meningkatkan peran pemerintah.

“Kita sudah masuk dalam jaringan GGN, mau tidak mau kita harus siap memberdayakan semua lapisan masyarakat dan peningkatan akses. Hal ini juga merupakan langkah untuk mempertahankan status GNN, karena jika tidak ada peningkatan bisa-bisa empat tahun ke depan kita akan dikeluarkan dari keanggotaan GNN,” pungkas Sukmono.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar