Sambut S0 1 Maret, Film Tentang Sultan HB IX Diputar di Banyak Sekolah

Oleh Jatu Raya,

Film ini jadi angin segar bagi dunia pendidikan setelah Janur Kuning jadi tontonan wajib sejak 1979

BERITA JOGJA – Peringatan Serangan Oemoem (SO) 1 Maret di Jogja akan lebih semarak dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2016 ini perayaan akan melibatkan banyak instansi pemerintah dengan rangkaian acara yang oke punya. Ada kerja bakti monumen, teatrikal yang dimainkan Komunitas Yogyakarta 1945, malam tirakatan, pembunyian sirine, dan pemutaran film “Sebelum Serangan Fajar” ke banyak sekolah di Jogja.

“Memang akan lebih semarak dibanding tahun lalu. Dinas Kebudayaan dan Dinas Sosial juga akan terlibat. Di malam tirakatan juga bakal ada aksi teatrikal,” ujar Muhammad Yunus, salah seorang panitia.

Film Sebelum Serangan Fadjar (Dok Jogja Film)

Film Sebelum Serangan Fadjar (Dok Jogja Film)

Paling menarik dalam perayaan nantinya adalah pemutaran film “Sebelum Serangan Fadjar” ke sejumlah sekolah-sekolah di Jogja. Film ini sendiri berkisah tentang Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX yang menjadi sosok penting dalam SO 1 Maret 1949. Dari catatan sejarah yang jadi dasar alur film berdurasi 30 menit itu, Sri Sultan menjadi sosok penggagas serangan. Ada adegan saat Jenderal Soeharto menemui Sri Sultan di Kraton dengan pakaian peranakan sebelum serangan.

GBPH Yudhaningrat, Produser film sempat menyatakan bahwa film ini memang dibuat berdasar riset dan keterangan banyak saksi sejarah. “Film ini sumber ceritanya dari arsip nasional dan orang-orang yang terpercaya,” jelas GBPH Yudhaningrat.

Film ini jadi angin segar bagi dunia pendidikan. Sebab, sejak Orba berkuasa, muncul film berjudul “Janur Kuning” (1979) yang jadi tontonan wajib. Kisahnya sendiri bertolak belakang dengan “Sebelum Serangan Fadjar” yang bersumber dari orang-orang terpercaya seperti yang dikisahkan Gusti Yudha.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar