Santai, Nilai UN Tak Pengaruhi Kelulusan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Ada perbedaan besar dari Ujian Nasional (UN) dibanding tahun lalu. Nilai UN tahun ini tidak dijadikan syarat kelulusan pelajar seperti yang sudah-sudah. Kendati demikian sejumlah pihak menilai pelajar jangan menggampangkan UN. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Suyono misalnya. Ia mengimbau para pelajar tetap serius belajar karena nilai […]

BERITA JOGJA – Ada perbedaan besar dari Ujian Nasional (UN) dibanding tahun lalu. Nilai UN tahun ini tidak dijadikan syarat kelulusan pelajar seperti yang sudah-sudah. Kendati demikian sejumlah pihak menilai pelajar jangan menggampangkan UN.

Ujian Nasional

Istimewa

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Suyono misalnya. Ia mengimbau para pelajar tetap serius belajar karena nilai akan dijadikan tolok ukur sejauh mana kompetensi peserta atau sekolah yang bersangkutan.

“Memang tidak lagi syarat utama, tapi mengikuti UN jadi salah satu syarat kelulusan siswa. Dan tentunya nilainya akan jadi tolok ukur kompetensi,” kata Arif, Jumat (10/4) di Ruang Humas Pemkab Sleman.

Adapun syarat lainnya adalah penilaian perilaku siswa dan keaktifan selama di sekolah. “Nanti kan sekolah yang menentukan pelajar lulus atau tidak setelah melihat tiga hal tersebut,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar