Sebab Cowok Muda Rapuh dan Susah Move on dari Cinta Pertama

Oleh Jatu Raya,

Sebab-sebab psikologis kenapa cowok lebih susah moven on dari cinta pertama.

BERITA JOGJA – Ada mitos yang sampai sekarang masih cukup populer di masyarakat tentang laki-laki dan perempuan. Mitos itu bilang kalau cowok itu cenderung rapuh dan susah move on dari cinta pertamanya. Cinta pertama ini diyakini bisa muncul dengan pasangan nomor kesekian, bukan melulu pacar pertama.

Cowok susah move on. (Foto: Eskipaper)

Cowok susah move on. (Foto: Eskipaper)

Mitos ini lama kelamaan merangsang para psikolog untuk menelitinya. Hasilnya, rata-rata sedikit membenarkan mitos itu. Psikolog remaja, Nugraheni Ariati, menjelaskan bahwa sebenarnya persoalan ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin atau gender. Cowok atau cewek bisa saja mengalami kejadian serupa jika dalam berhubungan terlalu banyak mengorbankan identitas.

“Masalahnya di realita kekinian, dalam sebuah hubungan, cowok yang lebih banyak kehilangan identitasnya. Misalnya, mau saja disuruh pacar buat berhenti begini, berpakaian begitu, bersikap begini, dan lain-lain. Pacar jadi pembentuk identitas individu,” jelas Nuni, sapaan akrabnya.

Saat memercayakan pembentukan identitas ini, cowok sering merasa nyaman karena diperhatikan lalu melandaskan identitas diri pada sebuah hubungan. Rela dan membutuhkan ini yang kemudian didefinisikan menjadi cinta dengan rasa kehilangan besar. Dalam psikologi, kata Nuni, hal ini bisa disebut self worth.

“Penelitiannya Simpson menghasilkan bahwa mereka yang self worth pada hubungan asmara punya kecenderungan mengalami tekanan emosi dan terobsesi untuk rujuk dengan mantan saat putus. Soalnya, pembentuk identitasnya sudah tidak ada dan bingung ke siapa lagi yang bisa untuk dijadikan semacam cermin,” jelas Nuni.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar