Sejarah pasar shoping jogjakarta

Sejarah Pasar Buku Shoping Jogjakarta

BERITA JOGJA – Sebagai salah satu tujuan berburu buku murah di Jogja, Shoping Center memiliki ratusan kios dengan berbagai label penerbitan ataupun agensi. Tercatat pada tahun 2012 terdapat 124 buah kios yang menempati area kompleks Taman Budaya Yogyakarta. Keseluruhan penjual buku di Shoping tergabung dalam Koperasi Pedagang Buku (KOPAKU) yang telah berdiri sejak tahun 1988. […]

BERITA JOGJA – Sebagai salah satu tujuan berburu buku murah di Jogja, Shoping Center memiliki ratusan kios dengan berbagai label penerbitan ataupun agensi. Tercatat pada tahun 2012 terdapat 124 buah kios yang menempati area kompleks Taman Budaya Yogyakarta.

Sejarah pasar shoping jogjakarta

Istimewa

Keseluruhan penjual buku di Shoping tergabung dalam Koperasi Pedagang Buku (KOPAKU) yang telah berdiri sejak tahun 1988. Meski sudah sangat tersohor sebagai surganya para pecinta buku, siapa yang menyangka kalau area Shoping Center dulunya merupakan sebuah pasar tradisional. Berbagai macam kebutuhan pokok seperti sayur mayur dan buah-buahan dijajakan di Pasar yang terletak di Jl. Sriwedari No.1.

Terhitung mulai sejak tanggal 14 Desember 2004, para pedagang di pasar Sriwedari resmi pindah ke Pasar Induk Giwangan, sebelah barat terminal Giwangan. Alasan Pemkot Jogja memindahkan para pedagang dikarenakan ingin melakukan tata ruang kota di area Nol Kilometer.

Meski pemindahan berjalan relatif kondusif, sebuah penelitian menyebutkan bahwa relokasi pasar Sriwedani sempat mendapatkan penolakan dari para pedagang. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pendapatan antara berjualan di area Nol Kilometer dengan lokasi baru di Giwangan. Namun karena upaya yang persuasif dari Pemkot akhirnya seluruh pedagang pun dengan sukarela mau dipindahkan.

Seiring waktu berselang, para pedagang kini mulai merasakan dampak positif penataan pasar. Meski sebenarnya tidak sedikit juga para pedagang yang masih beromantisme dengan kejayaan di masa silam, saat dagangan mereka diserbu pembeli setiap harinya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar