Jalur Kereta Api Jogja

Sejarah Pembuatan Jalur Kereta di Jogja

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Van der Wijk mengusulkan untuk membangun jalur kereta api di Hindia-Belanda pada 1864. Untuk mengerjakan proyek besar ini ada dua perusahaan perkeretaapian asal Belanda yang ditunjuk, yakni Nederlandsch Indisch Spoor Maatschappij (NISM) dan Staatspourwagen. Pada projek pertama, tahun 1867, dikerjakan jalur kereta dari Semarang-Tanggung oleh NISM sejauh 25 km. Baru pada 1873 […]

BERITA JOGJA – Van der Wijk mengusulkan untuk membangun jalur kereta api di Hindia-Belanda pada 1864. Untuk mengerjakan proyek besar ini ada dua perusahaan perkeretaapian asal Belanda yang ditunjuk, yakni Nederlandsch Indisch Spoor Maatschappij (NISM) dan Staatspourwagen.

Jalur Kereta Api Jogja

Istimewa

Pada projek pertama, tahun 1867, dikerjakan jalur kereta dari Semarang-Tanggung oleh NISM sejauh 25 km. Baru pada 1873 pembangunan jalur kereta diperpanjang hingga ke Jogjakarta. Pembangunan jalur kereta yang melewati wilayah Jogjakarta selesai pada 1894 dan diresmikan di tahun yang sama tepatnya tanggal 1 November. Pun dengan daerah lain, seperti Bogor hingga Cicurug dibangun jalur kereta sepanjang 27 km yang diresmikan pada 5 Oktober 1881 kemudian diteruskan hingga ke Sukabumi dan melewati Bandung.

Tak hanya jalur kereta, stasiun pun mulai dibangun sebagai tempat penyimpanan barang perkeretaapian dan tempat singgahnya kereta. Ada dua stasiun yang dibangun sejak era kolonial dan masih bisa kita nikmati hingga sekarang, ialah Stasiun Tugu dan Lempuyangan. NISM merupakan perusahaan yang bertanggung jawab dalam membangun Stasiun Lempuyangan sedangkan Staatspourwagen membangun Stasiun Tugu beberapa tahun setelahnya.

Dengan dibangunnya jalur kereta api yang membentang dari barat ke timur memang membawa keuntungan tersendiri, namun seolah membelah Jogjakarta menjadi dua bagian. Jalur kereta juga meruntuhkan tata kota Jojakarta yang dibuat filosofis, dari selatan ke utara, mulai dari Laut Kidul-Panggung Krapyak-Kraton-Tugu-Gunung Merapi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar