Sekjen PDI Perjuangan : Dana Aspirasi Harus Dikaji Lagi

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto menghimbau agar dana aspirasi yang akan diberikan kepada anggota DPR RI sebesar 20 Miliyar dikaji lagi. Menurutnya dana tersebut muncul karena imbas demokrasi liberal yang diterapkan dalam pemilihan legislatif pada 2014 lalu. “Kita harus melihat ini sebagai hubungan kausalitas sebab akibat. Munculnya dana aspirasi itu karena model […]

BERITA JOGJA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto menghimbau agar dana aspirasi yang akan diberikan kepada anggota DPR RI sebesar 20 Miliyar dikaji lagi. Menurutnya dana tersebut muncul karena imbas demokrasi liberal yang diterapkan dalam pemilihan legislatif pada 2014 lalu.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (foto : istimewa)

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (foto : istimewa)

“Kita harus melihat ini sebagai hubungan kausalitas sebab akibat. Munculnya dana aspirasi itu karena model politik proporsional terbuka, sehingga calon anggota dewan mengkampanyekan diri, harus menjanjikan program yang bisa langsung dijalankan pada pemilih,” terangnya pada beritajogja.id saat ditemui di UGM, Senin (15/6).

Dampak dari sistem tersebut, DPR tidak hanya memiliki fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Tetapi bertambah dengan fungsi representasi.

“Ini yang harus dipahami. Tetap koridornya pemerintah. Perlu juga dilihat sejak sistem proporsional terbuka tersebut diterapkan, fungsi DPR tidak lagi hanya legislasi, budgeting dan pengawasan, tapi juga ada fungsi representasi, fungsi itu yang membuat DPR juga harus turut menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat,” tambahnya.

Dia pun berhadap penganggaran dana aspirasi tersebut harus dikaji lagi. Salah satu yang akan dilakukan oleh PDI Perjuangan untuk menghilangkan dampak demokrasi liberal yaitu dengan mengembalikan sistem pemilihan ke sistem proporsional tertutup.

“Kami berpendapat ini harus dikembalikan ke sistem proporsional tertutup. Dulu PDIP sudah memperjuangkan, tapi kita kalah,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar