Sekjen PDIP Usul Pejabat Wajib Live In di Desa Tertinggal

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengusulkan agar para anggota DPR RI melakukan live di desa yang tertinggal. Hal tersebut diusulkan agar para anggota DPR tersebut memahami dan merasakan secara langsung permasalahan yang terjadi di masyarakat. “Tidak perlu lama, tiga hari anggota DPR itu live in. Kalau ada anggota DPR yang tidak bekerja […]

BERITA JOGJA – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengusulkan agar para anggota DPR RI melakukan live di desa yang tertinggal. Hal tersebut diusulkan agar para anggota DPR tersebut memahami dan merasakan secara langsung permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (foto : istimewa)

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (foto : istimewa)

“Tidak perlu lama, tiga hari anggota DPR itu live in. Kalau ada anggota DPR yang tidak bekerja dengan baik, ini juga bisa menjadi salah satu bentuk punismen,” katanya di UGM, Senin (15/6).

Selain untuk membuat para anggota DPR benar memahami penderitaan rakyat, live in ini juga berguna untuk mengubah mental bangsa. Menurutnya dalam kultur Indonesia, perubahan mental selalu dimulai dengan pemimpinnya terlebih dahulu, baru kemudian diikuti rakyatnya.

“Revolusi mental itu harus dimulai dari pejabatnya, ketika mereka live in maka akan terjadi dialog kebudayaan yang dampaknya akan sangat besar,” ujarnya.

Dia melanjutkan dengan live in ini pula para pejabat akan menyadari banyaknya potensi masyarakat yang bisa dijadikan unggulan untuk membuat bangsa menjadi berdikari.

“Misalnya kuliner, kita punya banyak masakan yang begitu lezat. Kuliner ini yang selama ini bisa menghidupi masyarakat. Ini potensi, kenapa tidak kemudian dikenalkan ke dunia. Kita itu begitu kaya dengan cita rasa masakan,” ungkapnya.

Menurutnya ide-ide tersebut hanya bisa didapat ketika para pejabat terjun langsung ke masyarakat dan mengetahui dengan benar potensi yang bisa dikembangkan.

“Kita punya banyak potensi yang begitu besar, akik juga, lihat bagaimana batu itu bisa menggerakan perekonomian,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar