sekolah-sekolah zaman belanda di Jogja

Sekolah-sekolah Zaman Belanda di Jogja (Bagian Dua)

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Sejak keluarnya Politik Etis tahun 1907 banyak sekolah Belanda yang mulai muncul di Jogjakarta. Bangunan-bangunan bekas sekolah di zaman Belanda kini ditempati oleh beberapa sekolah. Politik etis yang merupakan politik balas budi kepada negeri jajahan dengan memberikan kemakmuran di bidang pendidikan, irigasi, dan transmigrasi punya cerita sendiri di Jogja. Dengan hadirnya politik […]

BERITA JOGJA – Sejak keluarnya Politik Etis tahun 1907 banyak sekolah Belanda yang mulai muncul di Jogjakarta. Bangunan-bangunan bekas sekolah di zaman Belanda kini ditempati oleh beberapa sekolah.

sekolah-sekolah zaman belanda di Jogja

Istimewa

Politik etis yang merupakan politik balas budi kepada negeri jajahan dengan memberikan kemakmuran di bidang pendidikan, irigasi, dan transmigrasi punya cerita sendiri di Jogja. Dengan hadirnya politik etis ini pemerintah Belanda wajib memperbaiki kualitas pendidikan dan mendidik orang-orang di wilayah jajahannya.

Untuk itu, didirikanlah banyak sekolah-sekolah, seperti Europeesche Lagere School (ELS) yang merupakan sekolah khusus anak-anak Belanda. Guru-guru yang mengajar di ELS pun orang Belanda dan mengenakan pengantar bahasa Belanda. ELS di Yogyakarta ada di Kota Baru atau sekarang ditempati SMP N II Jogjakarta.

Sekolah lain yang setara dengan ELS adalah Sekolah Kelas Satu. Ini merupakan sekolah untuk bengsawan pribumi dengan lama waktu belajar 5 tahun. Bahasa Belanda diajarkan kepada anak didik mulai kelas 3 sampai kelas 5. Hal macam ini dilakukan supaya ketika mereka lulus dari Sekolah Kelas Satu mereka bisa dipekerjakan oleh orang Belanda. Sekolah kelas satu kemudian berubah menjadi Hollands Inlandse School (HIS). Bangunan HIS kini dibagi untuk dua sekolah, yakni Sekolah Pujokusuman di bagian selatan dan SMP VI Jetis di bagian utara. Gedung yang kini ditempati SD Muhammadiyah Notoprajan pun dulunya merupakan HIS.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar