Sekolah zaman belanda di Jogja

Sekolah-Sekolah Zaman Belanda di Jogjakarta (Selesai)

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Pemerintah Belanda tak hanya mendirikan AMS sebagai sekolah yang setara SMA, namun ada juga sekolah kejuruan. Terdapat beberapa sekolah kejuruan yang dulu hadir di Jogjakarta, seperti sekolah pertukangan, sekolah teknik, sekolah dagang, sekolah pertanian, sekolah kejuruan wanita, dan sekolah guru. Sekolah pertukangan didirikan untuk mendapatkan tenaga terampil yang kemudian dipekerjakan oleh pemerintah […]

BERITA JOGJA – Pemerintah Belanda tak hanya mendirikan AMS sebagai sekolah yang setara SMA, namun ada juga sekolah kejuruan. Terdapat beberapa sekolah kejuruan yang dulu hadir di Jogjakarta, seperti sekolah pertukangan, sekolah teknik, sekolah dagang, sekolah pertanian, sekolah kejuruan wanita, dan sekolah guru.

Sekolah zaman belanda di Jogja

STM Jogja tempo doeloe (Dokumen Jogja Library, foto: Nur Janti)

Sekolah pertukangan didirikan untuk mendapatkan tenaga terampil yang kemudian dipekerjakan oleh pemerintah Belanda sebagai pengrajin, tukang, juga sebagai pegawai pabrik karna pada waktu itu juga terdapat pabrik gula di Beran. Di Wates, sekolah pertukangan kini ditempati SMKN 2 Pengasih, sedangkan di Kota Jogjakarta terletak di daerah Lempuyangan.

Sekolah teknik pertama kali berdiri di Jakarta bernama Koningin Wilhelmina School, setelah itu Surabaya pun mendirikan sekolah teknik Koningin Emma School. Sedangkan Jogjakarta menduduki posisi tiga pertama untuk membangun sekolah teknik. Prinses Juliana School kini bangunannya digunakan oleh SMKN 2 Jogjakarta.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar