Sembarangan Ajukan Kredit Motor, Penjara Menanti

Oleh Jatu Raya,

Masyarakat perlu berhati-hati dan mewaspadai apabila identitasnya dipinjamkan untuk pengajuan kredit sepeda motor.

BERITA JOGJA – Kredit motor di Jogja memang mudah. Tapi jangan sembarangan kredit motor apalagi dengan meminjam identitas orang lain. Kalau terjadi sesuatu di luar hal yang seharusnya atau bertabrakkan dengan hukum, hukuman pidana menanti.

Istimewa

Istimewa

Seperti yang terjadi pada SDH, warga Bantul, yang akhirnya harus berurusan dengan hukum gara-gara menunggak kredit lalu menggelapkan motor tersebut. Kepala kantor FIF cabang Kota Jogja Saipul Anwar menyebutkan, sebelumnya Sigit mengajukan kredit sepeda motor Honda Vario di FIF cabang Kota Jogja Jalan HOS Cokroaminoto.

Namun sampai angsuran ke sembilan, kredit tersebut macet. Saat ditagih ia baru mengakui bahwa sedari awal ia hanya dipinjami KTP untuk mengajukan kredit. Sedangkan yang mengangsur adalah orang lain, yang disebut masih kerabatnya asal Semarang.

“Akan tetapi, sejak awal pengajuan, Sigit mengaku akan menggunakan sepeda motor tersebut untuk keperluan sehari-hari. Ia juga tidak memberitahukan pihak FIF bahwa motor tersebut dipindahtangankan,” katanya, Selasa (24/11).

Akhirnya pelaku dilaporkan ke Polres Bantul dan dijerat dengan Pasal 35 dan atau Pasal 36 UU Non 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusa. “Setelah dilaporkan pada Maret 2015, pelaku akhirnya divonis bersalah melakukan tindak pidana Fidusa di PN Kota Jogjakarta dengan hukuman penjara 3 bulan,” jelasnya.

Saipul mengingatkan, masyarakat perlu berhati-hati dan mewaspadai apabila identitasnya dipinjamkan untuk pengajuan kredit sepeda motor ke FIF. Termasuk jika diminta untuk mengajukan kredit untuk orang lain atau dipinjam nama.

“Sebab, apabila terjadi permasalahan seperti kredit macet atau menunggak kredit, maka seseorang yang identitasnya dipinjamkan tersebut dapat diperkarakan. Dan juga bahwa memindahkan, menggadai, atas nama adalah bisa di pidanakan,” tandasnya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar