ilustrasi hobi makan

Sering Merasa Lapar? Bisa Jadi ini Penyebabnya

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Rasa lapar biasanya muncul ketika selesai melakukan kegitan fisik yang cukup berat, seperti olahraga atau kerja berat lainnya. Hal tersebut wajar saja karena banyak energi yang digunakan ketika melakukan kegitan tersebut. Namun, ketika tubuh tidak melakukan aktivitas apapun dan Anda selalu merasa lapar tanpa alasan yang jelas, mungkin ada yang salah dengan […]

BERITA JOGJA – Rasa lapar biasanya muncul ketika selesai melakukan kegitan fisik yang cukup berat, seperti olahraga atau kerja berat lainnya. Hal tersebut wajar saja karena banyak energi yang digunakan ketika melakukan kegitan tersebut. Namun, ketika tubuh tidak melakukan aktivitas apapun dan Anda selalu merasa lapar tanpa alasan yang jelas, mungkin ada yang salah dengan tubuh Anda.

ILustrasi hobi makan

Hobi makan, dokumen istimewa

Nafsu makan merupakan kebutuhan fiologis, dengan mengkonsumsi makanan tubuh mendapat asupan untuk memenuhi kebutuhan kalori, air, garam, dan mineral lainya. Nah, jika Anda sering merasa lapar di luar jam makan dan tak jelas alasannya, maka berikut ini dapat menjadi salah satu pemicunya.

Kurang Tidur

Tentu sudah banyak diketahui, bahwa sesorang yang kurang tidur berpotensi mengalami obesitas. Menurut Alissa Rumsey, seorang juru bicara untuk America Academy of Nutrition and Dietetics, tidur terlalu sedikit menyebabkan gelombang ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan kadar leptin, hormon yang menimbulkan  rasa kenyang.

Kurangnya waktu tidur hanya akan membuat Anda kalap terhadap makanan. Oleh karena itu, untuk mengemalikan hormon lapar dan energi pada jalur yang benar, penuhilah kebutuhan waktu tidur 7-8 jam di malam hari.

Halaman

1 2 3 4

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar